Sabtu, 23 Mei 2015

Trik Mengikat Hati Customer Melalui Media Internal ( Customer )

Majalah Internal, atau yang lebih tepatnya majalah yang dibuat untuk para customer, bermanfaat untuk menjaga ikatan emosional. Jangan pernah berpikir customer Anda bakal setia selamanya. Eit, itu pemikiran yang salah. Setiap menit, customer Anda diserang oleh bombardir iklan dari kompetitor. Dan jika Anda tidak menjaga temperatur ikatan emosi dengan customer Anda, alamat mereka akan bermigrasi ke tetangga sebelah ( kompetitor ).

Coba hitung lagi, berapa banyak customer yang selalu membeli ke Anda. Berapa banyak pertumbuhan customer Anda dari waktu ke waktu. coba Anda pikirkan lagi, bagaimana jika mereka pamit dari daftar customer Anda, satu demi satu, dengan alasan yang masuk akal atau status MUNTABER ( Mundur Tanpa Berita ). Ini pekerjaan rumah para pemilik bisnis. Termasuk Anda, bukan ?

Customer Anda adalah nyawa dibisnis Anda. Pertahankan dan kembangkanlah sebanyak-banyaknya, karena jumlah customer tak pernah akan merasa sedikit atau banyak. Customer Anda adalah bahan makanan untuk bisnis Anda kedepan. Karena itu, perlu sentuhan personal agar mereka selalu keep in touch kepada bisnis Anda. Minimal Anda buat buletin bulanan atau news letter khusus agar mereka tahu perkembangan bisnis Anda, dari waktu ke waktu.

Ingat cara berpikir para entrepreneur, BUANG UANG KECIL UNTUK DAPATKAN UANG BESAR. Anda buang uang kecil untuk investasi MAJALAH INTERNAL atau setidaknya buletin bulanan. Kirim ke para customer grade A dan B Anda, setiap bulan. Isi dari majalah bulanan itu adalah :

1. Update berita terbaru perkembangan produk atau jasa Anda.

2. Update testimonial klien, penuhi setiap bulannya daftar customer yang puas dengan layanan Anda.

3. Update acara internal bisnis Anda, misalnya business gathering, acara lauching produk, liputan media, preview new product.

4. Update berita terbaru tentang ISYU industri bisnis Anda, misalnya software, makanan atau apapun itu.

5. Update ide-ide yang membantu customer lebih baik lagi memanfaatkan produk atau jasa Anda, bisa berupa tips atau info.

Dengan kata lain, sentuhlah customer Anda dengan media customer, karena dengan demikian, mereka akan lama bertahan dan bahkan bisa merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada seluruh teman - teman mereka. Kan ini satu keuntungan Anda lagi, yaitu strategi referensi melalui media customer ( internal ).

Dengan hadirnya media internal ( customer ), Anda akan lebih mudah memonitoring perkembangan customer Anda dari waktu ke waktu, dan sekaligus mendapatkan perhatian mereka. Nah, jika pertanyaannya adalah SOAL HARGA membuat majalah internal ini, maka jawabannya adalah MODAL BISA JAUH LEBIH MURAH BAHKAN PADA TITIK WAKTU TERTENTU, BISA GRATIS. Bagaimana caranya ?

Pada bulan awal, mungkin 6 bulan bahkan satu tahun, Anda harus subsidi majalah customer Anda ini. Jika sudah 6 edisi, gunakan jasa pasang iklan di media Anda. Nah, sumber keuangan dari iklan inilah yang nantinya untuk menambal biaya produksi dan operasional majalah internal Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar