Jumat, 15 Mei 2015

10 Anomali Majalah Internal Customer Bagi Pertumbuhan Bisnis Anda

Majalah Internal, apa artinya buat Anda ? Sekilas, apa sih gunanya majalah internal. Cuma buang uang saja. Yes, pemikiran Anda benar. Buang uang kecil tapi akan mendapat uang besar, itulah cara berpikir entrepreneur. Sekarang saya tanya, apa bedanya pedagang K5 dengan pebisnis besar ? Tak ada bedanya, kalau dari perspektif sama-sama cari untung. Tapi menjadi sangat berbeda kalau kita lihat dari sisi kacamata keduanya.

Kalau Anda melihat cara pebisnis K5 mengoperasikan bisnisnya, tentu sangat sederhana. Ada modal untuk beli barang dagangan, ada pengeluaran sewa tempat, ada barang yang dijual dan jualan deh, dari pagi sampe sore, bahkan bisa sampe malam. Jika hari itu untung, sisanya untuk stok barang lagi, dan sisa yang lain untuk biaya hidup. Sesederhana itu cara pedagang kaki lima berbisnis.

Tapi kalau dilihat dari kaca mata seorang pengusaha, bisnis yang Anda bangun selain mencari profit, juga menambah jumlah customer. Bukan hanya customer, tapi juga nama baik ( branding ) dan portopolio ( milestone ) atau catatan sejarah perjalanan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Dan proses menuju bisnis auto pilot.

Bukan itu saja, seorang pengusaha cerdas akan berpikir lagi, bagaimana ia bisa mempotret jejak positif perjalanan bisnisnya itu lalu mendokumentasikannya dengan sangat rapih lalu di publikasikan ke customer dan masyarkat umum. Di level ini, pengusaha seperti itu sudah mulai masuk ke gerbang entrepreneur.

Jika Anda melihat dari kacamata entrepreneur, cara pandangnya sudah beda lagi. Seorang entrepreneur memiliki 3 keterampilan dasar, yaitu mahir cara membeli bisnis (buy), membangun bisnis ( build) dan menjual bisnis (sell). Di level ini pun, calon entrepreneur masih banyak belajar lari membangun team, market dan customer. Semua itu hanya bisa didokumentasikan dengan adanya media.

Media internal ( customer ), bisa memenuhi semua kebutuhan diatas, dari level pengusaha biasa hingga level entrepreneur. Anda yang sedang merakit bisnis, tentu tak mau kehilangan moment berharga atas perjalanan bisnis Anda kan ? Anda ingin melihat juga raport bisnis Anda mulai dari membangun bisnis hingga sekarang kan ? Dan Anda ingin memberi warisan yang bisa dibanggakan untuk anak cucu kelak sebagai generasi berikutnya kan ? Majalah Internal adalah jawabannya.

Berikut manfaat dasar memiliki majalah internal ( customer ) :

1. Membangun REPUTASI PERUSAHAAN ( BISNIS ANDA SENDIRI ) dimata masyarakat, khususnya customer Anda sendiri

2. Mendokumentasikan keberhasilan bisnis Anda hingga customer tahu bahwa Anda sukses dan layak dipilih oleh customer

3. Mengkomunikasikan kepuasan customer dalam bentuk testimonial, hingga calon customer Anda jadi tertarik untuk berlangganan

4. Menghimpun PORTOFOLIO tentang kesuksesan bisnis, misalnya mendapat penghargaan, ada kerjasama dengan pihak tertentu, mendapat pujian dan rekomendasi dari pemerintah dan banyak lagi. Ditulis di media internal dan dipublikasikan ke customer Anda

5. Majalah internal yang Anda buat dari bulan ke bulan, jika sudah satu semester ( setiap 6 bulan ) dibuatkan bundling. Di koleksikan secara rapih. Kelak, jika ada investor mau menanam modal, Anda bisa tunjukkan bundling majalah tersebut hingga investor makin yakin dengan perjalanan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Bukankah investor mencari bisnis yang sehat dan menguntungkan ?

6. Majalah internal Anda jika sudah mencapai usia satu tahun, bisa menjadi SUMBER KEUANGAN, dari sumber biaya (COST CENTER) menjadi sumber penghasilan tambahan yang sangat besar ( PROFIT CENTER ), karrena pada usia satu tahun, banyak pemasang iklan ingin mentitipi iklan mereka ke majalah Anda. Ini satu keuntungan tambahan selain keuntungan yang sudah saya tulis. Di satu titik, nantinya biaya majalah akan di cover oleh peasang iklan, dan artinya modal Anda cetak majalah jadi NOL tapi edisi demi edisi akan terus berjalan hingga Anda bsai auto pilot secara cashflow karena majalah sudah bisa membiayai dirinya sendiri.

7. Majalah internal Anda akan meredam ekspansi kompetitor yang akan menggerus market Anda. Jika Anda memiliki majalah internal customer, maka peluang mereka berekspansi akan makin sulit. Majalah Anda sudah mendapat tempat di hati customer dan sulit direbut oleh kompetitor, kecuali jika kompetitor juga memiliki majalah internal, maka akan terjadi persaingan kualitas.

8. Majalah internal customer akan menaikkan kredibilitas perusahaan Anda beberapa level diatas para kompetitor. Ini harga yang harus dibayar untuk yang mau berinvestasi di majalah internal ini. Bhakan bukan hanya kompetitor, tapi juga menjadi daya tarik market potensial dan investor untuk masuk.

9. Jika Anda memiliki beberapa bisnis, Anda bisa sekalian pasang iklan gratis di media Anda. Dan ini menjadi subsidi silang Anda untuk menekan biaya promosi, Cukup fokus disatu majalah internal bisa meng cover beberapa produk bisnis Anda. Dan ini tergantung dari jumlah oplah majalah Anda juga. Makin besar makin bagus. Tapi saran saya, oplah kecil dulu, step by step bisa dibantu dari iklan masuk.

10. Bisa dikombinasikan ke media online juga, artinya, Anda memiliki media cetak berupa majalah internal customer, dan e-magazine, bisa di download bebas dan marketnya tanpa batas. Ini strategi promosi dan branding yang saling melengkapi. Jadi Anda makin kuat brandingnya di mata khalayak luas.

Mungkin itu saja yang bisa saya share, terkait dengan pentingnya memiliki majalah internal customer. Jangan berpikir kecil, karena akan membuat bisnis Anda akan terus kecil. Berpikirlah besar, ambil resiko lebih besar, tindakan besar, maka kesuksesan besar tinggal beberapa langkah lagi. Jika bukan Anda yang peduli pada bisnis Anda, memangnya siapa yang mau perduli ? Bahkan kompetitor yang membaca artikel ini akan segera ambil peluang. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar